Friday, February 15, 2019

Cara Mendapatkan Judul Dari 1 Grand Theory Menjadi Beberapa Judul Penelitian bagi Mahasiswa Tingkat Akhir yang Galau,,



Mahasiswa tingkat akhir sudah saatnya memikirkan mengenai penelitian/skripsi. Oleh karena itu, persiapkan ilmu dan mental dalam menjalaninya karena prosesnya memerlukan waktu serta biaya yang banyak, kesampingkan hal-hal yang akan mengganggu seperti kurangi nongkrong, kopda, pacaran (bagi yang punya yahhh yang jomblo sih sabar) dan intinya perbanyak referensi.
Langkah awal dalam penyusunan skripsi adalah menentukan judul penelitian, banyak mahasiswa yang kebingungan dalam menentukan judul karena biasanya setiap Prodi menentukan SOP yang berbeda-beda seperti sarat Journal yang berkaitan, pendapat ahli/grand theory maksimal 10 tahun terakhir dan lain sebagainya. Menentukanjudul harus sangat hati-hati dan singkronkan dengan jurusan serta keahlian yang dimiliki.
Grand theory terdapat dari ahli seperti dalam bentuk pendapat dalam paragraf, faktor-faktor yang mempengaruhi, ataupun indikator. Berikut contoh menentukan judul penelitian dari dari 1 Grand Theory menjadi banyak judul penelitian. Dalam buku Ali hasan yang berjudul Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan Tahun 2014 halaman 125  bisa diangkat menjadi Grand Theory yaitu driver atau faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah sebagai berikut;
  • 1.      Nilai ( harga dan Kualitas)
  • 2.      Citra
  • 3.      Kepercayaan
  • 4.      Relasional pelanggan
  • 5.      Biaya peralihan
  • 6.      Reliability
  • 7.      Kualitas
  • 8.      Waktu tunggu, dan
  • 9.      Kepuasan pelanggan

Berdasarkan grand theory diatas maka kita dapat menjadikan beberapa judul baik 2 variabel, 3 variabel bahkan 4 variabel, intinya berapa pun variabel yang diangkat harus sama skala tiap variabelnya baik itu rasio, ordinal dan lain sebagainya agar memudahlan proses pegukurannya jika tidak bisa maka beda skala pun bisa diambil tergantung kitanya. judul yang dapat dianglat dari grand theory diatas adalah sebagai berikut :
2 Variabel
1.         Pengaruh nilai terhadap loyalitas konsumen
2.         Pengaruh citra terhadap loyalitas konsumen
3.         Pengaruh Kepercayaan terhadap loyalitas konsumen
4.         Pengaruh Relasional Pelanggan terhadap loyalitas konsumen
5.         Pengaruh biaya peralihan terhadap loyalitas konsumen
6.         Pengaruh reliability terhadap loyalitas konsumen
7.         Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen
8.         Pengaruh waktu tunggu terhadap terhadap loyalitas konsumen
9.         Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen
3 variabel
10.     Pengaruh nilai dan citra terhadap loyalitas konsumen
11.     Pengaruh nilai dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen
12.     Pengaruh nilai dan relasional terhadap loyalitas konsumen
13.     Pengaruh nilai dan biaya peralihan terhadap loyalitas konsumen
14.     Pengaruh nilai dan reliability terhadap loyalitas konsumen
15.     Pengaruh nilai dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen
16.     Pengaruh nilai dan waktu tunggu terhadap loyalitas konsumen
17.     Pengaruh nilai dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen
18.     Pengaruh citra dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen
19.     Pengaruh citra dan relasional pelanggan terhadap loyalitas konsumen
20.     Pengaruh citra dan reliability terhadap loyalitas konsumen
21.     Pengaruh citra dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen
22.     Pengaruh citra dan waktu tunggu terhadap terhadap loyalitas konsumen
23.     Pengaruh citra dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen
24.     Pengaruh kepercayaan dan relasional pelanggan terhadap loyalitas konsumen
25.     Pengaruh kepercayaan dan relasional pelanggan terhadap loyalitas konsumen
26.     Pengaruh kepercayaan dan biaya peralihan terhadap terhadap loyalitas konsumen
27.     Dan seterusnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
4 variabel
28.     Pengaruh nilai, citra dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen
29.     Pengaruh nilai, citra dan relasional pelanggan terhadap loyalitas konsumen
30.     Pengaruh nilai, citra dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen
31.     Dan seterusnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Sekian sharing dari saya, mudah-mudahan dapat sedikit membantu buat rekan-rekan yang sedang galau menentukan judul skripsi apalagi terus-terusan sering di tolak sama ketua program studi, bikin ngenes banget dahhh,,,


6 comments:

PENGARUH NILAI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN,

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1.       Latar Belakang Pada era Globalisasi saat ini membawa   perubahan dengan   sangat pesat yang ...