Monday, February 18, 2019

KINERJA KARYAWAN, Indikator, faktor-faktor dan pengertian (MANAJEMEN SDM)


KINERJA
 
Pengertian Kinerja
            Suatu organisasi atau perusahaan jika ingin maju atau berkembang maka dituntut untuk memiliki pegawai atau karyawan yang berkualitas. Pegawai yang berkualitas adalah pegawai yang kinerjanya dapat memenuhi target atau sasaran yang ditetapkan oleh perusahaan.
            Ukuran kinerja dapat dilihat dari sisi jumlah dan mutu tertentu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan bentuknya dapat bersifat tangible atau intangible tergantung pada bentuk dan proses pelaksanaannya. Kinerja yang dihasilkan oleh pegawai dalam suatu perusahaan ditentukan oleh beberapa faktor dan kondisi  yang baik itu berasal dari dalam diri pegawai ataupun yang berasal dari luar. Mangkuprawira dan Hubeis (2007:153) mengatakan bahwa kinerja adalah hasil dari proses pekerjaan tertentu secara terencana pada waktu dan tempat dari karyawan serta organisasi yang bersangkutan.
            Kinerja adalah tingkat terhadapnya para pegawai mencapai persyaratan pekerjaan secara efektif dan efisien (Simamora, 20006:34), kinerja pegawai merupakan prestasi kerja yakni perbandingan antara hasil kerja yang dapat dilihat secara nyata dengan standar kerja yang telah ditetapkan oleh organisasi.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan
Menurut moorhead dan chung/meggison dalam sugiyono (2009:12), kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut :
  • 1.      Kualitas pekerjaan ( Quality of work)
  • 2.      Kuantitas pekerjaan (Quantity of work)
  • 3.      Pengetahuan pekerjaan (Job Knowledge)
  • 4.      Kerjasama tim (Tim Work)
  • 5.      Kreatifitas (creativity)
  • 6.      Inisiatif
Pendapat lain dikemukakan oleh Harbani Pasolong (2010:186), faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai adalah sebagai berikut:
1.      Kemampuan
2.      Kemauan
3.      Energi
4.      Teknologi
5.      Kompensasi
6.      Kejelasan tujuan
7.      Keamanan
Sedangkan menurut Mangkuprawira dan Hubeis (2007:155) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah sebagai berikut :
  • 1.      Faktor personal karyawan meliputi unsur pengetahuan, keterampilan, kemampuan, kepercayaan diri, motivasi dan komitmen yang dimiliki oleh setiap individu,
  • 2.      Faktor kepemimpinan
  • 3.      Faktor tim
  • 4.      Faktor sistem meliputi sistem kerja, fasilitas kerja dan insfrastruktur yang diberikan oleh organisasi, kompenasi dan kultur kerja dalam organisasi,
  • 5.      Faktor kontekstual meliputi tekanan dan perubahan lingkungan ekternal dan internal.

Indikator Kinerja Pegawai
            Menurut Keban (2004:109) dalam Pasolong (2010:184) pengukuran kinerja penting dilakukan oleh instansi pelayanan publik. dengan mengetahui kelemahan dan kelbihan, hambatan  dan dorongan, atau  berbagai faktor sukses bagi kinerja pegawai serta institusi maka terbukalah jalan enuju profesionalisasi yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan selama ini.
            Terdapat berbagai teori mengenai indikator kinerja pegawai. Salah satunya menurut T.R Michel dalam Sedarmayanti (2001:51) mengemukakan indikator kinerja sebagai berikut:
  • 1.      Kualitas kerja (Quality Work)
  • 2.      Keterampilan waktu (Pomptnees)
  • 3.      Inisiatif (inisiative)
  • 4.      Kamampuan (Capability)
  • 5.      Komunikasi (Communication)
Lebih lanjut, pemerintah juga memiliki indikator kinerja pegawai yaitu dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang penilaian pelaksanaan pekerja PNS. Indikator tersebut adalah ;
a)      Kesetiaan

b)      Prestasi kerja

c)      Tanggung jawab

d)      Ketaatan

e)      Kejujuran
f)       Kerjasama
g)      Prakarsa
h)      Kepemimpinan. 

dari hasil uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa maju mundurnya sebuah perusahaan tergantung pada karyawannya, semakin berkualitas dan memiliki kinerja yang baik karyawannya maka perusahaan akan semakin maju dan berkembang.


No comments:

Post a Comment

PENGARUH NILAI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN,

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1.       Latar Belakang Pada era Globalisasi saat ini membawa   perubahan dengan   sangat pesat yang ...